Profil Sambu Group Perusahaan Agrobisnis Kelapa Terpadu

Profil Sambu Group Perusahaan Agrobisnis Kelapa Terpadu

Pusat Karier - PT. Pulau Sambu (Guntung) didirikan pada tahun 1983 di Guntung, Provinsi Riau. Sejak awal, produk utama PT. Pulau Sambu (Guntung) adalah krim santan kelapa dan kelapa parut kering.

PT. Pulau Sambu (Guntung) merupakan pemasok kelapa parut untuk industri gula dan cokelat ternama di Eropa, Amerika Utara, Australia, Timur Tengah, dan Tiongkok. Krim santan kelapa dengan merek Kara kini populer di berbagai pasar di Asia, Australia, dan Eropa.  PT Pulau Sambu (Guntung) juga telah menerima sertifikasi ISO9002 dan HACCP dari SGS Singapore.

Karyawan Sambu Group (Foto: @Sambu Group)

Hingga saat ini  SAMBU GROUP terdiri dari beberapa perusahaan, yaitu PT PULAU SAMBU (KUALA ENOK), PT PULAU SAMBU (GUNTUNG), PT RIAU SAKTI UNITED PLANTATIONS, PULAU SAMBU SINGAPORE PTE LTD.

PT PULAU SAMBU (KUALA ENOK) didirikan pada tahun 1967 sebagai pabrik pengolahan minyak kelapa pertama SAMBU GROUP. Pabrik tersebut menghasilkan minyak kelapa mentah, minyak kelapa yang dikelantang dan diolah, serta pengekstrak kopra untuk pasar ekspor. Semua produk pada akhirnya dikembangkan dan disertifikasi sesuai dengan standar internasional.

Pabrik PT PULAU SAMBU (GUNTUNG) didirikan pada tahun 1983 untuk menghasilkan produk yang berteknologi tinggi, seperti santan/krim kelapa, bubuk krim santan kelapa, kelapa parut kering, air kelapa, dan arang tempurung kelapa.

Diproduksi dengan menggunakan teknologi Ultra-High Temperature (UHT), krim santan kelapa dalam kemasan dipasarkan dengan merek Kara. Pada waktu itu, krim santan kelapa dalam kemasan merupakan hal yang baru, dan KARA menjadi kebanggaan SAMBU GROUP sebagai jenis produk yang baru di dunia. Bahkan hingga hari ini, Kara menjadi satu-satunya merek yang dipasarkan baik secara nasional maupun internasional (pasar Asia, Oseania, Amerika Utara, Eropa).

Dua puluh enam tahun kemudian, didorong oleh semangat inovasi tanpa henti, Tn. Tay Juhana mendirikan pabrik pengolahan ketiga dan perkebunan kelapa. PT RIAU SAKTI UNITED PLANTATIONS didirikan pada tahun 1993. Dengan penambahan jumlah pabrik pengolahan, SAMBU GROUP mampu meningkatkan volume produksinya untuk memenuhi permintaan produk berbasis kelapa dari pasar global yang semakin meningkat.

Pada tahun 1995, pabrik produksi nanas didirikan di PT RIAU SAKTI UNITED PLANTATIONS untuk memproduksi nanas kalengan dan konsentrat jus nanas pada tahun 1999. Ekspansi tersebut memungkinkan SAMBU GROUP memproduksi dan menghadirkan santan kalengan.

Pada tahun 2016, PULAU SAMBU SINGAPORE PTE LTD didirikan sebagai cabang pemasaran, untuk memperluas jangkauan pasarnya ke seluruh dunia. Ekspansi ini dilakukan dengan harapan untuk bisa memberikan kontribusi lebih lanjut bagi pengembangan petani kelapa dan masyarakat sekitar.

Karyawan Sambu Group (Foto: @Sambu Group)

Tidak seperti tanaman hasil Organisme Termodifikasi Secara Genetika (GMO – Genetically Modified Organism), budidaya kelapa di perkebunan bersifat alami dan tidak dimodifikasi secara artifisial. Setiap kelapa memiliki bentuk dan ukuran yang unik, dan variasi ini membuat operator manusia menjadi satu-satunya entitas yang bisa memproses kelapa tersebut. Intensitas tenaga kerja yang diperlukan untuk mengolah kelapa menjadikan SAMBU GROUP bisa terintegrasi secara sosial dengan masyarakat di sekitarnya.

Upaya tak kenal lelah dari Tn. Tay Juhana untuk terus berinovasi, membuat SAMBU GROUP menjadi produsen produk kelapa terbesar dan paling terintegrasi di seluruh dunia. Konsep integrasi dengan masyarakat merupakan filosofi inti Tn. Tay Juhana, yang pada akhirnya menjadi inti keyakinan perusahaan, dan inilah nilai yang menjadi fondasi SAMBU GROUP, yang menjadikannya sukses seperti hari ini.

Websiter perusahaan: https://sambugroup.com/id/

Lebih baru Lebih lama